Cara Jadi Agen Bus Pariwisata

Mencari penghasilan di era ekonomi bebas bukan lagi hal sulit selama kita dapat mencari celah-celah peluang. Di era digital sekarang, media sosial menjadi media yang paling digandrungi oleh masyarakat luas. Hampir semua orang memiliki akun media sosial, bukan hanya satu, tapi bisa sampai enam atau tujuh dan antara satu dan lain media sosial memiliki keterhubungan. Di media sosial, semua masyarakat berlomba untuk menunjukkan kehidupannya yang terlihat bahagia dan menyenangkan. Misalnya dengan memposting foto di tempat wisata yang Indah. Dampak dari kegemaran memposting foto di tempat yang indah, masyarakat jadi berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang bisanya dijadikan tempat wisata formal. Secara tidak langsung atas terjadinya kondisi seperti ini, permintaan masyarakat terhadap transportasi untuk berkunjung ke tempat wisata pun menjadi tinggi. Disinilah letak peluangnya membuka jasa agen bus pariwisata. Lalu bagaimana cara jadi agen bus pariwisata? Langkah-langkah apa yang harus dilalui? Bagaimana keuntungannya?

Cara Jadi Agen Bus Pariwisata

Sebelum melakukan cara-cara yang akan Anda baca dibawah, alangkah baiknya Anda menguasai pemahaman soal apa itu bus pariwisata dan analisa peluang di lokasi Anda membuka jasa sewa bus pariwisata. Cara jadi agen bus pariwisata antara lain:

1. Menyediakan bus

Menyediakan bus

Tersedianya bus untuk menjadi agen adalah hal paling utama, memang butuh modal yang besar untuk menyediakan bus. Tapi Anda tidak akan kesulitan jika mampu mengkompromikannya bersama produsen bus. Untuk pemula, sebaiknya jangan terlalu banyak dahulu menyediakan bus, satu atau dua sudah cukup untuk mematangkan diri. Dalam memilih bus, pilihlah bus yang sekalian memiliki kualitas yang tinggi dari segi mesin hingga fasilitas yang tersedia sebagai daya jual yang dapat Anda tawarkan ke konsumen. Ada tiga jenis bus, yaitu high, medium dan small. Jika sekiranya pasar membutuhkan bus high, maka dahulukan menyediakan bus high. Begitu pula dengan jenis bus lainnya.

2. Kantor

Cara menjadi agen sewa bus pariwisata juga salah satunya harus memiliki kantor sendiri untuk fokus bekerja secara intens dan sebagai alamat PO agar menimbulkan kepercayaan di hati konsumen.

3. Tim

Anda juga harus memiliki tim dalam membantu Anda menjalankan usaha ini. Umumnya tim yang Anda butuhkan adalah sebagai penerima permintaan dari konsumen, pengurus biaya, kebersihan bus, supir, dan kenek.

4. Promosi

Menjadi agen bus pariwisata pemula cukup membutuhkan promosi yang masif agar masyarakat segera mengenal usaha Anda. Promosi dapat Anda lakukan dengan membuat website, melalui teman atau kerabat, atau menyebar pamflet, menyiarkan di radio lokal, media sosial, dan lain sebagainya.

5. Pelayanan terhadap konsumen

Melayani konsumen merupakan cara jadi agen bus pariwisata paling menentukan arah masa depan usaha Anda. Usahakan membuat pelayanan yang baik seperti membuat managemen yang tersusun rapi. Managemen dapat berupa kebijakan penyewaan, kedisiplinan tim, harga yang ditawarkan, sistem pembayaran, efisiensi kebersihan dan keamanan, dan pelayanan supir dan kenek. Kalau bisa, usahakan juga membuat sistem promosi dan managemen menjadi lebih modern dan dianggap berkualitas. Misalnya seperti promosi melalui website, pembayaran rekening, mengizinkan konsumen survei bus, negosiasi harga yang rapi, dan lain lain.

Itulah hal paling sederhana dalam menjadi agen bus pariwisata. Keuntungannya jelas cukup besar. Jika perhari saja untuk di dalam kota Anda mematok harga 2.000.000, maka perbulan Anda akan menghasilkan sekitar 60.000.000. pemotongan untuk gaji tim dan biaya solar hanya sekitar 30% dari 60 jt. Maka dapat dipastikan usaha ini merupakan usaha yang memiliki peluang untung besar.